Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Kamis, 24 November 2011

Pemindai / Scanner

*Pemindai adalah perangkat elektronik yang bergerak maju mundur dalam sebuah lintasan lurus untuk menghasilkan sebuah gambar.

*Pemindai Citra digunakan untuk mengubah gambar dan materi lain menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer

*Sel fotoelektrik di dalam pemindai mengukur berapa besar cahaya yang dipantulkan oleh tiap bagian gambar (atau materi lain) dan mengubahnya menjadi kode digital

*Beragam Pemindai yang kompleks digunakan dalam ilmu kedokteran untuk mendapatkan gambar bagian dalam tubuh manusia. Contoh pemindai tersebut adalah pemindai CT, PET, dan MRI.

*CT adalah singkatan dari Computerized Tomography/Tomografi Komputer. Sebuah berkas sinar-X berputar disekeliling pasien. Hasilnya kemudian ditangkap oleh detektor di sisi yang berlawanan, sehingga akhirnya dihasilkan gambar 3 dimensi.

*PET adalah singkatan dari Positron Emission Tomography/Tomografi Pancaran Positron. Cara kerjanya, pemindai menangkap positron (proton) yang dipancarkan oleh zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah.




*Pemindai PET dapat menunjukan bagaimana kerja otak manusia yang masih hidup

*MRI adalah singkatan dari Magnetic Resinance Imaging/ Pencitraan Resosnansi Magnetik.



Citra dari pemindai PET, Menunjukkan otak manusia yang dilihat dari sisi atas.


*Cara kerja pemindai MRI hampir sama dengan pemindai CT. Bedanya pemindai MRI menggunakan magnet, bukan Sinar-X. Pasien dikelilingi oleh magnet berkekuatan tinggi sehingga mampu menyejajarkan posisi semua proton yang ada dalam tubuh.

*Kerja pemindai MRI dimulai ketika sebuah gelombang radio dalam waktu singkat mengubah posisi proton dari posisinya yang sejajar. Pemindai tersebut akan mendeteksi gelombang radio yang dipancarkan proton pada saat proton kembali ke posisi sejajarnya.