Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Sabtu, 02 Maret 2013

Keelektromagnetisan

Generator angin membangkitkan listrik dengan memanfaatkan angin yang akan memutar baling-baling kincir angin. Gerakan ini menyebabkan magnet didalam kumparan kabel listrik ikut berputar.
*Keelektromagnetisan adalah gabungan pengaruh listrik dan kemagnetan

*Setiap arus listrik menciptakan medan magnetnya sendiri

*Kaidah sekrup Maxwell menyatakan bahwa arah sebuah medan magnet akan serupa dengan arah gerakan sekrup apabila arah arus listrik sama dengan arah gerakan obeng yang mengencangkan sekrup yaitu searah jarum jam.

*Sebuah elektromagnet bisa memiliki kemagnetan tinggi hanya apabila dialiri arus listrik. Elektromagnet dapat dibuat dengan cara membungkus sebuah inti besi dalam gulungan kawat kumparan (solenoid).

*Elektromagnet telah lama dimanfaatkan manusia, mulai dari mesin tiket, telepon, hingga pengeras suara.

*Kereta yang "Mengambang" secara magnetis menggunakan elektromagnet yang kuat sehingga kereta bisa berjalan di atas sebuah "Bantalan" yang terbentuk dari gaya tolak - menolak magnet.



*Ketika sebuah kabel listrik digerakkan melalui sebuah medan magnet maka di dalam kabel tersebut akan muncul atau menginduksi arus listrik.

*Kaidah tangan kanan Fleming menyatakan bahwa apabila tangan kanan menggemgam maka arah ibu jari menunjukan arah medan magnet, sedangkan keempat yang lain menunjukkan arah arus listrik.


*Elektromagnet berbeda dengan magnet permanen, gaya magnet pada elektromagnet dapat dimunculkan dan dihilangkan sesuai kehendak kita.

*Disekitar benda-benda listrik atau benda magnetis terdapat daerah yang masih dipengaruhi gaya elektromagnet, daerah ini disebut medan elektromagnet.