Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Jumat, 08 Maret 2013

Archimedes


*Archimedes (287-212 SM) adalah salah satu ilmuwan pertama yang terkemuka. Beliau menciptakan ilmu mekanika dan hidrostatika

*Archimedes  adalah seorang warga Yunani yang tinggal di kota sirakusa, Sisilia. Saudara lelakinya, Heiron II, adalah Raja Sirakusa.


*Sekrup Archimedes adalah sebuah pompa yang diduga dibuat oleh Archimedes. Pompa ini memindahkan air menggunakan sebuah alat berbentuk spiral yang terletak dalam tabung. Pompa ini masih digunakan di daerah Timur Tengah.




*Sirakusa mempertahankan diri dari genpuran bangsa Romawi dengan bantuan mesin perang yang diciptakan oleh Archimedes pada tahun 215 SM. Salah satu mesin perang itu adalah "cakar" raksasa-sebuah derek yang mampu memindahkan bergalon-galon air kemudian mengeluarkannya.

*Archimedes tewas dibunuh oleh tentara Romawi pada tahun 212 SM, Ketika pengkhianatan dikota Sirakusa membiarkan tentara Romawi memasuki kota.

*Archimedes menganalisis kerja tuas secara matematis. Beliau membuktikan bahwa beban yang mampu dipindahkan oleh sebuah usaha akan berbanding lurus dengan jarak beban tersebut ke titik tumpu.

*Archimedes  menemukan fakta bahwa sebuah benda mengapung akibat adanya gaya dorong air ke arah atas.




*Hukum Archimedes membuktikan bahwa gaya dorong air pada sebuah objek yang mengapung sama dengan berat air yang dipindahkan oleh objek tersebut.

Banyak cerita mengisahkan bahwa Archimedes mendapatkan ide tentang berat jenis ketika dia sedang mandi. Saking gembiranya, dia kemudian berlari ke jalanan dan berteriak, "Eureka!" (Artinya: "Aku telah menemukannya!"


*Archimedes menyadari bahwa dia dapat mengetahui berat jenis suatu benda dengan cara menenggelamkan benda ke dalam bejana berisi air. kemudian membandingkan berat benda tersebut dengan berat air yang tumpah dari bejana.


*Archimedes menggunakan prinsip berat jenis untuk membuktikan ketidakmurnian emas yang digunakan seorang pandai emas untuk membuat mahkota Raja Hieron.