Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Rabu, 14 November 2012

Laser

*Sinar Laser adalah sinar hebat buatan manusia. Sinar laser memiliki intensitas cahaya yang sangat tinggi sehingga mampu melubangi baja. Pancaran sinar laser sangat lurus dan sempit sehingga bisa mengenai sebuah kaca yang diletakkan di Bulan.

*Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau Penguatan cahaya melalui pemancaran radiasi yang terstimulasi.

*Berdasarkan ukurannya sinar laser jauh lebih cemerlang dari sinar Matahari.

=> Sinar Laser yang memiliki intensitas dan kerapatan tinggi telah digunakan dalam berbagai peralatan,
mulai dari pemutar CD hingga sistem pemandu satelit.

*Sinar Laser adalah satu-satunya sumber cahaya yang koheren. Artinya, semua gelombang cahaya yang ada dalam sinar laser memiliki panjang gelombang yang sama (warna seragam) dan awal mula yang seragam.

*Dalam sebuah mesin laser terdapat sebuah tabung yang berisi gas-gas, seperti helium dan neon. tabung itu juga bisa berisi cairan atau benda padat seperti batu mirah.

*Laser bekerja dengan cara memantulkan foton (pendaran cahaya) ke atas dan ke bawah sampai foton-foton itu memiliki arah perpindahan yang sama.

*Pancaran sinar laser berawal dari sebuah percikan yang mengeksitasi atom didalam materi penghasil laser. Atom yang terekstasi akan melepaskan foton. Ketika foton tersebut menumbuk atom lain maka atom tersebut juga akan melepaskan foton. Foton yang identik tersebut juga akan memantul berulang kali di antara cermin yang terletak dikedua ujung materi penghasil laser.

*Laser yang menggunakan gas, contohnya laser gas argon, menghasilkan pancaran sinar dengan intensitas rendah. sinar laser jenis ini sangat cocok untuk pekerjaan yang rumit, seperti operasi mata.

*Laser yang menggunakan cairan kimia, hidrogen flourida menghasilkan pancaran sinar dengan intensitas tinggi yang digunakan sebagai senjata.

*Beberapa laser memancarkan sinar yang tidak terputus. Laser seperti ini memancarkan sinar berintensitas tinggi dengan jeda waktu yang tetap.