Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Minggu, 11 November 2012

TORSI

*Semua gaya bekerja dengan arah lurus. sesuatu bisa berputar dengan adanya "Torsi".

*Torsi adalah sebuah gaya yang bekerja pada obyek yang memiliki sumbu putar ditempat yang berbeda dari tempat gaya tersebut bekerja. sumbu putar ini disebut titik tumpu.

*Sebuah pintu memiliki titik tumpu pada engselnya.

*Besarnya nilai torsi disebut momen torsi.

*Makin jauh dari titik tumpu, pemberian gaya akan menghasilkan momen torsi yang lebih besar.

=> Roda gigi digunakan pada banyak mesin, dari mobil sampai kamera. roda-roda itu mengubah gerakan serta mengendalikan kecepatan dan ukurannya.

*Sebuah tuas memudahkan pemindahan barang dengan cara memanfaatkan momen torsi (besarnya nilai torsi).

*Tuas tingkat satu , seperti tang dan gunting, memiliki titik tumpu yang terletak diantara beban dan posisi pemberian usaha. Tuas tingkat dua , seperti obeng dan gerobak dorong, memiliki beban diantara titik tumpu dan posisi pemberian usaha. Tuas tingkat tiga, seperti lengan bawahmu dan pinset, memiliki posisi pemberian usaha yang terletak diantara beban dan titik tumpu.

*Roda gigi adalah seperangkat roda yang berbeda ukuran dan bergerak beriringan. Dengan roda gigi kita akan makin mudah bersepeda menanjak bukit dan mobil bisa berakselerasi dari keadaan diam.Roda gigi melakukan semua ini dengan menyebarkan usaha yg diberikan pada jarak yang lebih jauh dari titik tumpu.

*Rasio roda gigi adalah perbandingan antara jumlah satu putaran penuh roda gigi pengendali dengan jumlah satu putaran penuh roda gigi yang dikendalikan.

*Makin besar rasio roda gigi maka momen torsi yang dihasilkan akan makin besar, tetapi putaran roda yang terkendali akan menjadi makin lambat.