Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Sabtu, 06 April 2013

Sumber Cahaya

Campuran Gas yang berbeda dalam lampu neon memancarkan cahaya dengan warna yang berbeda pula. Gas Neon murni memancarkan cahaya berwarna merah.

*Sumber cahaya alami manusia di Bumi adalah Matahari dan bintang-bintang. Gas-gas panas yang ada di permukaan Matahari dan bintang bercahaya begitu terang.



*Kekuatan sinar dari sebuah sumber cahaya diukur dalam satuan candela ( Cd ). Besaran 1 candela setara dengan sinar 1 lilin kecil.

*Sebuah Bom Atom akan memancarkan cahaya sekuat 2.000 Milyar candela selama 0,1 milidetik seluas 1 meter persegi.

*Permukaan Matahari memancarkan cahaya sekuat 23 milyar candela per 1 meter persegi.

*Sinar Laser mampu mengeluarkan cahaya yang lebih kuat, tetapi dengan area yang jauh lebih kecil.


Adanya hambatan listrik membuat filamen tipis di dalam lampu pijar bercahaya

*Besarnya cahaya  yang mencapai suatu permukaan benda dihitung dalam satuan lux. 1 lux berarti besarnya cahaya dengan kuat sinar 1 candela yang menerangi sebuah benda dalam jarak 1 meter. Kamu membutuhkan cahaya 500 lux agar bisa membaca dengan jelas.


*Lampu Pijar  adalah lampu yang memijar, artinya cahayanya berasal dari lembaran ripis atau filamen tungsten yang akan memijar ketika dipanaskan oleh arus listrik.

*Lampu Pijar diisi dengan gas inert (gas yang tidak bisa bereaksi), contohnya : gas argon, untuk mencegah filamen tungsten habis terbakar.


*Lampu Listrik  ditemukan pada tahun 1878 oleh beberapa ilmuwan secara terpisah. Dari negara Inggris, yaitu Sir Joseph Swan. Sementara dari negara Amerika Serikat, yaitu Thomas Alva Edison dan Hiram Maxim.


*Lampu Flouresen  memiliki tabung kaca yang bagian dalamnya dilapisi oleh serbuk fosfor. Ketika listrik mengeksitasi gas di dalam tabung maka gas tersebut akan memancarkan sinar ultraviolet yang tembus pandang. Sinar ultraviolet tersebut akan mengenai serbuk fosfor sehingga membuatnya berpendar.


*Cahaya lampu neon timbul karena arus listrik besar yang membuat gas didalam tabung lampu neon jadi bermuatan listrik sehingga bisa bersinar.