Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Minggu, 11 November 2012

Besi dan Baja

*Besi adalah unsur yang paling mudah ditemukan di Bumi. 35% penyusun Bumi adalah besi dan sebagian besarnya bisa ditemukan di inti bumi.

*Besi yang ada dikerak bumi tidak pernah ditemukan dalam keadaan murni. Besi berikatan dengan senyawa lain dan membentuk bijih besi. Bila kita ingin mengekstraksi besi dari bijih besi harus dipanaskan dalam tungku sembur.

*Lambang kimia besi adalah Fe yang berasal dari kata Ferum, bahasa latin untuk besi. Senyawa besi disebut fero atau feri.

*Besi memiliki nomor atom 26 dan berat atom 55,85.

*Besi meleleh pada suhu 1.535 Derajat Celcius dan mendidih pada suhu 3000 Derajat Celcius. Besi menghantarkan listrik dan panas dengan cukup baik, tetapi kelarutannya dalam air sangat rendah. besi sangat mudah dijadikan elektromagnet. Besi bisa dengan mudah kehilangan sifat keelektromagnetisannya, sementara baja tidak.

=> Sinar Laser mampu memotong besi karbon dengan sangat mudah walaupun besi karbon adalah besi yang sangat kuat.

*Besi bisa dengan mudah bergabung dengan oksigen untuk membentuk besi oksida dan akan makin cepat dengan adanya uap air. Inilah awal mulanya terjadi karat.

*Besi Cor adalah besi yang mengandung karbon sebanyak 2-4% dan silikon sebanyak 1-3%. Besi cor sangat cocok jika dicetak dalam cetakan pasir. Besi tempa mengandung besi dalam kadar yang hampir murni. Kandungan karbon dalam besi tempa dihilangkan sehingga lebih mudah dibentuk untuk pagar dan pegangan tangga.

*Besi diubah menjadi baja dengan cara menambahkan sedikit kandungan karbon sehingga bisa digunakan dalam pembuatan mobi, rel kereta api, pisau, dan lain -lain. Baja Aloi (alloy) dibuat dengan menambahkan sedikit kandungan logam lain, seperti tungsten (untuk membuat perkakas) dan kromium (untuk bantalan peluru).
*Sebanyak 60% proses pembuatan baja dibuat melalui proses basic oxygen furnace. didalam proses ini oksigen ditiupkan ke besi baja cair untuk membakar semua kotoran yang tidak diinginkan.

*Baja Alloy Khusus, seperti baja kromium, bisa dihasilkan dari besi bekas yang mengandung sedikit bahan - bahan pengotor dan dibuat didalam sebuah tungku busur listrik.