Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Jumat, 16 Desember 2011

Serat Optik

*Kabel Serat Optik adalah sekumpulan benang kaca yang mentransmisikan pesan-pesan dalam bentuk cahaya.

*Cahaya ditransmisikan dalam bentuk kode denyut (pulsa).

*Lapisan kaca tipis membungkus tiap serat optik sehingga mencegah cahaya lolos keluar. Lapisan ini disebut selubung.

*Selubung tersebut memantulkan kembali seluruh cahaya ke arah serat optik sehingga cahaya terus terpantul mengikuti lekuk serat optik. kemampuan ini disebut pemantulan internal sempurna.

*Serat optik mode tunggal ukurannya tipis sekali sehingga pantulan cahaya dari selubung ke serat optik sangat sedikit. Serat optik ini sangat sesuai untuk transmisi sinyal jarak jauh

*untuk membidik cahaya ke titik pusat serat optik mode tunggal, kita membutuhkan ketepatan tinggi seperti  yang dimiliki sinar laser.

*Serat Optik Multimode ukurannya lebih lebar daripada serat optik mode tunggal. Serat ini bisa menerima sinar yang dipancar oleh Light Emitting Diode (LED) sehingga harganya lebih murah, tetapi tidak sesuai untuk transmisi sinyal jarak jauh.

*Kabel serat optik yang ukurannya paling besar mampu mentransmisikan ratusan ribu sambungan telepon atau ratusan saluran televisi.

*Kabel serat optik bawah air mentransmisikan sinyal di bawah Samudra Atlantik dan Pasifik.

*Serat Optik bisa digunakan untuk kepentingan medis, contohnya, endoskopi. Serat optik dalam endoskopi berbentuk seperti tabung yang lentur dengan ujung berkamera. alat ini dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengamati bagian dalam tubuh. Serat optik digunakan untuk mengukur suhu dan tekanan darah.