Greeting.

Thank you for Visit my Site. I Appreciate for your effort.
for comment and critic, please contact us at our email :
azzer.nomad@gmail.com / rezza_aryo@student.gunadarma.ac.id

Senin, 10 November 2014

Atom

Atom adalah bagian kecil atau partikel yang membentuk suatu materi. Sebuah atom adalah bagian terkecil dari sebuah materi yang murni atau sebuah unsur kimia.

Kmu bisa memasukkan 2 milyar atom ke dalam tanda titik pada akhir kalimat ini (menandakan betapa kecilnya atom).

Jumlah atom di jagad raya ini ada sekitar 10 pangkat 80

Atom sebagian besar terdiri dari ruangan hampa udara. Didalamnya juga terdapat beberapa partikel yang lebih kecil yang disebut partikel sub-atomik

Pada pusat atom terdapat sebuah inti yang padat atau disebut juga nukleus yang tersusun dari dua macam partikel, yaitu neutron dan proton. Proton bermuatan listrik positif, sedangkan neutron tidak bermuatan listrik. Proton dan neutron terbentuk dari kombinasi kuark yang berbeda.

Jika sebuah atom diibaratkan memiliki ukuran sebesar gelanggang olahraga maka ukuran nukleus adalah sebesar kacang polong

Pada setiap atom, terdapat elektron berukuran kecil yang selalu berputar mengelilingi sebuah nukleus yang padat. nukleus tersebut terbentuk dari proton dan neutron. Jumlah ketiga partikel tersebut didalam tiap unsur akan berbeda.

Di sekeliling nukleus berputar-putar partikel yang berukuran lebih kecil. Partikel ini bermuatan listrik negatif yang disebut elektron.

Atom bisa dibelah, tetapi pada umumnya bentuk atom dipertahankan oleh tiga gaya, yaitu gaya tarik-menarik antara proton yang bermuatan listrik positif dan elektron yang bermuatan listrik negatif serta gaya "nuklir" yang lemah dan kuat yang menyatukan nukleus.

setiap unsur tersusun dari atom-atom. Di dalam nukleus terdapat proton dalam jumlah tertentu. Atom besi memiliki jumlah proton 26 dan emas memiliki jumlah proton 79. Jumlah proton suatu unsur sama dengan nomor atom unsur tersebut.

Atom-atom yang memiliki jumlah proton sama, tetapi memiliki jumlah neutron yang berbeda disebut dengan isotop.